Kartu Inafis dan E-KTP

Subscribe robby yuli endra channel | 0 comments
Kartu Inafis dan E-KTP - Beberapa hari ini saya mendengar dan melihat di TV dan berita mengenai inafis atau yang lebih jelasnya kartu Inafis.saya baca dari beberapa refernsi dan saya mendapatkan beberapa pencerahan dan akan saya share di topik ini.
Inafis adalah singkatan dari Indonesia Automatic Fingerprint and identification system. merupakan sebuah sistem identifikasi yang memiliki data center atau pusat data yang akan merekam data individu tak terkecuali dengan anak bayi yang baru lahir pun langsung terekam oleh inafis. inafis ini dikeluarkan oleh POLRI yang diresmikan oleh presiden SBY. inafis merupakan databases sidik jari warga negara indonesia yang tersimpan didalam suatu data center dan penggunanya diberikan kartu. didalam kartu ini akan dibenamkan suatu chips yang bisa menampung seluruh biodata dari si pemegang kartu. bisa berupa tempat tanggal lahir, foto, sidik jari, sampai dengan no BPKB dan No Kendaraan si pengguna.

Kartu Inafis dan E-KTP

Contoh kartu Inavis, Sumber : Vivanews.com
Lalu apa bedanya dengan E-KTP :
E-KTP adalah Elektronik Kartu tanda penduduk atau yang lebih kerennya E-KTP, menurut saya sebenarnya hampir sama fungsi dari E-KTP dan inafis, kedua kartu ini sama-sama menyimpan identitas pribadi dai si pemilik kartu, fungsinya sama-sama sebagai identitas jati diri. tetapi saya tidak tahu mengapa pemerintah mengeluarkan inafis, saya tidak bisa membayangkan terlalu banyak sekali kartu yang disimpan di dompet, E-KTP, Inafis belum lagi Atm dari banyak bank (kalau yang punya),Kartu NPWP, belum lagi kartu mahasiswa dll, apakah pemerintah tidak bisa mengefisienkan kartu ini, misalnya hanya satu kartu dapat digunakan berbagai macam kegiatan, bisa untuk berbelanja, untuk jati diri juga atau untuk mengambil uang dll. mungkin kedepannya negeri ini lebih mengefisienkan penggunaan kartu.

Labels: 

Author: Subscribe robby yuli endra channel

Date: Tuesday, April 24, 2012

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Kartu Inafis dan E-KTP"

Post a Comment

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com