Listrik merupakan kebutuhan pokok manusia di era modern

Subscribe robby yuli endra channel | 0 comments
Listrik merupakan kebutuhan pokok manusia di era modern - Tidak dipungkiri lagi bahwa listrik merupakan kebutuhan primer atau pokok bagi kita manusia yang modern, apa yang menyebabkan listrik menjadi kebutuhan primer? hal yang paling sederhana adalah berkembanganya alat elektronik yang semakin canggih dan kebutuhan akan listrik oleh alat elektronik tersebut tidak dapat di hilangkan, dahulu puluhan tahun yang lampu ibu saya tidak terlalu dipusingkan dengan listrik, kenapa? dahulu ibu pun memasak beras hanya menggunakan beberapa batang kayu yang diletakan di bawah tungku dengan sedikit tiupan dari sebuah pipa api pun penyala dan ibu pun mulai memasak nasi di tungku, dan jika kita bandingkan sekarang dengan perkembangan teknologi memasak lagi mungkin dikota yang besar tidak lagi membutuhkan tungku dan kayu, dengan alat yang namanya Magic com atau rice cooker tinggal colokan ke stop kontak lalu tunggu beberapa saat dan si nasi pun akan masak. contoh kedua adalah pekerjaan yang sering ada di kantor semua di handle oleh listrik seperti komputer, mesin fotocopy, printer, televisi dan alat-alat elektronik lainnya semuanya digerakan oleh listrik, bayangkan bila di Indonesia sekarang ini tidak ada listrik sama sekali
.


Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah Badan Usaha milik negara yang menguasai keseluruhan tentang ke listrikan. seperti yang di jelaskan di dalam UUD 1945 33 Ayat 2 dan 3 berbunyi : " Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara." dan "Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat." dalam amanat UUD 1945 tersebut bahwa PLN diberi wewenang untuk mengatur semua energi listrik dan semuanya untuk manfaat untuk orang banyak. listrik pintar atau listrik prabayar merupakan gerakan PLN yang sangat bagus, menurut data yang dikutip bahwa pelanggan listrik prabayar pada tahun 2012 sudah mencapai 5 juta pelanggan. Sumber

Tentunya lembaga atau badan yang menguasai hajat hidup orang banyak, memiliki kekurangan dan kelebihan, di bagian ini saya akan mengkritisi pelayanan PLN yang ada di daerah saya mungkin dengan kritik yang saya tulis di Blog ini PLN dapat berbenah untuk menjadil lebih baik lagi, saya tinggal di kota Bandar Lampung, untuk pelayanan ketika sudah musim kemarau PLN sering mamatikan listrik secara bergilir itupun dalam waktu yang tidak sebentar. setelah saya amati baik di Media Sosial, media masa, dan media elektronik yaitu kekurangan stock atau pasokan listrik, dan ada lagi alasannya yang saya baca adalah surutnya air untuk memutar pembangkit listrik. tidak dipungkiri di Indonesia pertumbuhan pengguna listrik semakin tinggi tidak di imbangi dengan Jumlah pembangkit listrik.
tetapi disamping kekurangan tersebut banyak kelebihan yang khususnya saya alami dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu yaitu :
  1. Sistem PLN Sekarang Sudah Online, saya sebagai pengguna dapat langsung mengecek tagihan bulanan di website resmi PLN: www.pln.co.id lewat Komputer maupun HP,
  2. Costumer Service yang sekarang lebih banyak seperti di Twitter di @pln_123 dan Facebook : pln 123 sangat membantu pertanyaan-pertanyaan yang diajaukan.
  3. Listrik prabayar, menurut saya ini kemajuan yang selanjutnya yang dibuat oleh PLN, jadi sebagai pengguna kita tidak harus takut lupa membayar tagihan bulanan, karena dengan konsep prabayar, kita membeli dahulu pulsa listrik baru memakainya.
dan Ideku untuk PLN yaitu :
  1. Membuat pembangkit-pembangkit listrik di Indoensia, seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara yang memiliki banyak laut, sungai, danau dan pantai, sumber daya alam tersebut harus di gunakan secara maksimal, memulai bekerja sama dengan peneliti, dosen dan mahasiswa yang ada di indonesia untuk menganalisa dalam pembuatan pembangkit listrik, tidak perlu sumber daya asing yang membuatnya, saya yakin masih banyak anak-anak indonesia yang pintar-pintar tersebar diseluruh Indonesia.
  2. Control yang lebih ketat lagi untuk mewujudkan PLN bersih, pengalaman saya waktu yang lalu ada seorang teman yang ini mengubah dari Listrik Pasca bayar ke Listrik Prabayar, pihak teknisi meminta sejumlah uang untuk memasangnya. mungkin ini baru satu kasus yang terjadi, bayangkan setiap kecamatan mengalami satu kasus seperti ini, bagaiamana mewujudkan PLN bersih.
  3. Mulai lagi dengan jargon listrik masuk desa karena Masih banyaknya daerah-daerah yang belum dimasuki listrik seperti daerah way kanan ke pelosok dan mungkin banyak daerah lain
  4. mengganti bahan bakar penggerak pembangkit dari minyak ke energi alternatif sehingga rakyat dapat merasakan keuntungannya.
  5. Terapkan subsidi untuk masyarakat yang benar-benar menengah ke bawah dengan memberikan standart tertentu.
  6. Selalu mensosialisasikan kesadaran akan hemat listrik, karena menurut saya masyarakat di indonesia masih banyak yang belum sadar akan hemat energi.
di Akhir tulisan di blog ini, saya mengucapkan Hari Listrik Nasional yang ke 69 tanggal 27 Oktober 2014, Semakin Maju dan Jaya PLN, karena Listrik merupakan kebutuhan pokok manusia di era modern dam Tingkatkan kesadaran akan hemat energi hemat biaya.
  

Oops! Forgot to put a label.

Author: Subscribe robby yuli endra channel

Date: Friday, October 17, 2014

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Listrik merupakan kebutuhan pokok manusia di era modern"

Post a Comment

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com