Konsep dasar pemograman java Graphical User InterFace (GUI)

Subscribe robby yuli endra channel | 3 comments
Konsep dasar pemograman java Graphical User InterFace (GUI) - Konsep dasar di Java GUI adalah API, API adalah Application Programming InterFace yang terdiri dari 2 Komponen, dan pada kali ini saya akan membahas sedikit tentang Java GUI di Netbeans Melanjutkan materi yang sebelumnya. (Materi Sebelumnya). API sendiri pada Java terdapat dua kompenen, Apa saja yuuuk Cek dan baca baik-baik artikel ini.

Konsep dasar pemograman java Graphical User InterFace (GUI)

API untuk GUI di Java :
  1. AWT (Abstract Windows Toolkit) =>> Tidak direkomendasikan Lagi
  2. Swing Or JVC (Java Foundation Class)
Fitur Swing :
  1. Komponen GUI Lengkap: button, listbox, combobox, textarea, dsb
  2. Pluggable Look-and-Feel: tampilan GUI dapat diubah sesuai dengan kehendak (tidak perlu mengikuti native sistem operasi)
  3. Data Transfer Antar Komponen: drag and drop, copy and paste
  4. Internationalization: proses desain aplikasi yang memungkinkan aplikasi dijalankan sesuai dengan preferensi tanpa rekompilasi
  5. Localization: proses translasi teks ke bahasa lokal dan menambahkan komponen lokal
Komponen Dasar Swing :
  1. Top-Level Container: kontainer dasar dimana komponen lainnya diletakkan (JFrame, JDialog dan Applet)
  2. Intermediate Container: kontainer perantara dimana komponen lainnya diletakkan (JPanel, JScrollPane, JTabbedPane, JToolbar, JSplitPane)
  3. Atomic Component: komponen yang memiliki fungsi spesifik dan menerima interaksi langsung dari user (JButton, JLabel, JTextArea, dsb)
  4. Layout Manager: mengatur tata letak dan posisi komponen dalam kontainer (BorderLayout, BoxLayout, FlowLayout, GridBagLayout, GridLayout)
  5. Event Handling: menangani event yang dilakukan user (klik mouse, ketik keyboard, perbesar frame, dsb)
Gambar Komponen-Komponen Swing yang ada di Java
Penjelasan Sedikit tentang Komponen-Komponen tersebut dengan kata-kata Sendiri :
Panel = Digunakan Untuk Membuat Gruop setelah terlebih dahalu membuat J-Frame
Label = Digunakan Biasanya untuk membuat Keterangan Input
Button = Tombol Klik
Check Box = Untuk memilih lebih dari satu pilihan
Combo Box = Pilihan yang Itemnya sudah ditentukan
Text Field = untuk meletakan objek text 
dan masih banyak lagi kegunaan komponen-komponen dasar swing..kita lanjut dipertemuan berikutnya dengan menerapkan Aplikasi di Netbeans..
Semoga bermanfaat...


Labels: 

Author: Subscribe robby yuli endra channel

Date: Tuesday, March 05, 2013

3 comments  | Leave a comment

3 comments to "Konsep dasar pemograman java Graphical User InterFace (GUI)"

Aurthur 14 August 2016 at 14:33
Useful post. Thanks for sharing.
JAVA Training in Chennai | JAVA J2EE Training Institutes in Chennai
geethu 21 October 2016 at 19:09

The strategy you have posted on this technology helped me to get into the next level and had lot of information in it. The python programming language is very popular and most widely used.
Python Training in Chennai | Python Course in Chennai
Unknown 8 November 2016 at 20:24
Thanks for sharing this unique and informative content which provided me the required information.
Java Training in Chennai | JAVA Course in Chennai

Post a Comment

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com