Mengapa aplikasi berbasis Web

Subscribe robby yuli endra channel | 2 comments
Mengapa aplikasi berbasis Web - dari kata tanya tersebut pasti kita mempunyai dasar dan mempunyai alasan mengapa cenderung orang ingin pindah yang dari dulunya aplikasi berbasis dekstop ke aplikasi berbasis web. Sebelum menjawab dari judul diatas alangkah baiknya kita kenal dulu aplikasi berbasis dekstop dan aplikasi berbasis web. secara sederhana aplikasi berbasis dekstop adalah aplikasi yang harus diinstall dulu kedalam komputer. dan aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang tidak harus diinstall dulu di komputer atau aplikasi yang bisa langsung dijalankan dengan menggunakan Web Browser.
Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang ada di internet. contoh : Mozila Firefox, Internet Explore, Netscape, Safari, google Chorme dll.

Mengapa aplikasi berbasis Web - kenapa orang cenderung meninggalkan aplikasi berbasis dekstop dan mulai untuk menggunakan aplikasi berbasis web yaitu karena pengaruh web tersebut, misalnya web dapat diakses dimana saja dan aplikasi web tidak menyusahkan sekalipun bagi orang awam. mengapa dikatakan tidak menyusahakan? aplikasi berbasis web kita Cukup tahu alamat site yang dibutuhkan lalu mendapatkan hak untuk masuk, maka pengguna langsung bisa mengakses “apa saja” yang dibutuhkan atau diijinkan “administrator” untuk bekerja dalam aplikasi.  Selebihnya, aplikasi web menjalankan semua perintah yang dikehendaki.  Tidak perlu install, update, dan apapun untuk bekerja pada aplikasi berbasis web.  

Selain alasan diatas, Mengapa aplikasi berbasis web dipilih oleh perusahaan atau perorangan adalah Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan yang berbeda. Sebagai contoh, Aplikasi Berbasis Web dapat digunakan untuk membuat invoice dan memberikan cara yang mudah dalam penyimpanan data di database. Aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk mengatur persediaan; karena fitur tersebut sangat berguna khususnya bagi mereka yang berbisnis ritel. Bukan hanya itu, Aplikasi Berbasis Web juga dapat bekerja memonitoring sistem dalam hal tampilan. Bahkan jumlah dari Aplikasi Berbasis Web sudah tak terhitung lagi, yakni dapat di desain dan disesuaikan untuk berbagai jenis industri, langitlah yang menjadi batasannya.Selain fungsi-fungsi tersebut, salah satu keunggulan kompetitif dari Aplikasi Berbasis Web adalah bahwa aplikasi tersebut ‘ringan’ dan dapat diakses dengan cepat melalui browser dan koneksi internet atau intranet ke server. Ini berarti bahwa pengguna dapat mengakses data atau informasi perusahaan mereka melalui laptop, smartphone, atau bahkan komputer PC di rumah mereka dengan mudah, tidak seperti aplikasi-aplikasi desktop di mana pengguna harus menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang diperlukan hanya untuk mengakses data / informasi.

Untuk Membuat Sebuah Website ada beberapa komponen yang harus ada :
  • Bahasa HTML (Hyper Text Markup Languange)
 HTML (Hyper Text Markup Languange) adalah bahasa pengkodeaan untuk menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di World Wide Web. HTML terlihat seperti bahasa pengkodean lama, yang di awali dan diakhiri dengan kode-kode html dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat di jalankan pada sebuah web browser.
  •  Bahasa PHP
Sejarah PHP
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. 
Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, intepreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.
  • Web Browser
Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Adapun beberapa istilah yang sering muncul pada saat kita menggunakan web browser.
Terdapat beberapa macam web browser yang dapat kita pakai untuk menampilkan halaman-halaman website. Ada 3 jenis web browser yang sering dipakai adalah :

  1. Internet Expoler
  2. Netscape
  3. Mozilla
  4. Safari     
  • Editor Membuat WEBSITE
Banyak Editor Website yang sekarang ini dapat digunakan :
  1. Notepad
  2. MS. Frontpage
  3. Macromedia Dreamever dan masih banyak lagi software untuk membuat Web.
Untuk mempelajari lebih jauh mengenai web, anda dapat belajar di situs www.w3c.org dan www.w3cschool.com   

Labels: 

Author: Subscribe robby yuli endra channel

Date: Monday, April 09, 2012

2 comments  | Leave a comment

2 comments to "Mengapa aplikasi berbasis Web"

Bagus 8 November 2012 at 21:16
wah berguna sekali postingnya ,,,,thanks gan :D
Subscribe robby yuli endra channel 9 November 2012 at 09:09
Terima kasih Gan....

Post a Comment

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com