Buku Pertama terbit

Subscribe robby yuli endra channel | 0 comments
Buku Pertama terbit - Postingan blog ini sudah bisa dikatakan terlambat, tapi lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali..(ngeles) hehhe..pada postingan kali ini saya akan share sedikit tentang buku pertama saya yang terbit dan ber ISBN..yeay..sepele sih bagi kebanyakan orang yang sering penerbitkan buku, bagi saya tidak sepele itu, bagi saya se Cristiano Ronaldo
..lah kok jadi maen bola. lanjut cerita ya, awal buku ini terbit setelah saya sempat berbincang-bincang dengan bapak Onno W Purbo (praktisi IT), pada saat itu, tepatnya pada saat Dies Natalies Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Bandar Lampung, Badan Esekutif mahasiswa serta Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi dan Teknik Informatika mengundang beliau untuk mengisi Seminar bertemakan Android, pada saat itu saya sempat berbincang banyak dengan bapak Onno W. Purbo, dari trend technologi saat ini sampai dengan bagaimana menerbitkan buku. cerita pun dimulai tentang penerbitkan buku, dari awal cerita saya simak baik-baik, pak Onno bertanya kenapa harus menerbitkan buku dengan penerbit? jujur di pikiran saya ya kalau mau menerbitkan buku ya sama penerbit, tapi syarat menerbitkan buku dengan penerbit sangat berat sekali bagi saya sebagai dosen biasa, mungkin kalau tokoh terkenal seperti Raditya Dika, Dewi Lestari atau penulis lainnya tidak begitu berat.

Buku Pertama terbit 

Beratnya kenapa? hal tersebut saya pernah tanya ke salah seorang teman, bahwa penerbit memberikan target untuk penjualan buku tiap bulannya dan cetakan buku tersebut ada batas minimalnya. niat saya menerbitkan buku saya urungkan, dan saya hanya membuat buku untuk kegiatan praktikum di Lab. Komputer, tanpa design sampul yang bagus dan pastinya tanpa ISBN.
tetapi niat saya menerbitkan buku muncul lagi ketika pak Onno menjelaskan tentang Self Publishing (menerbitkan buku sendiri), self publishing adalah menerbitkan buku sendiri, si penulis buku tersebut mengambil alih semua pekerjaan dari menulis buku, membuat cover, mereview, editor dll, setelah buku dirasa baik kita tinggal upload ke website self publshing, kebetulan saya disarankan untuk mengupload draf buku saya ke website Nulisbuku.com Saya mencoba membaca syarat-syarat di nulisbuku.com dan materi buku segera saya kerjakaan dengan template yang telah disediakan.
Kurang lebih 2 minggu draft buku saya jadi, kenapa bisa cepat, karena sebenarnya materi untuk buku tersebut sudah ada dari materi perkuliahan sehari-hari yang berupa slide powerpoint. draft selesai saya upload dan mendapatkan respon yang baik, sekitar 2 minggu sample buku saya terbit dan dicetak untuk saya sebagai bahan review. setelah saya menyatakan Oke kepada pihak nulisbuku.com, buku saya sudah bisa diterbitkan di website mereka, iya self publishing ini sifatnya pre-order buku akan dicetak kalau ada pesanan, kemudian saya juga di bantu untuk menerbitkan ISBN, apasih ISBN dan gunanya buat apa? ISBN singkatan dari International Standart Book Number (ISBN) 
seperti yang saya kutip pada website Perpustakaan Nasional 
ISBN (International Standard Book Number) adalah deretan angka 13 digit sebagai pemberi identifikasi unik secara internasional terhadap satu buku maupun produk seperti buku yang diterbitkan oleh penerbit. Setiap nomor memberikan identifikasi unik untuk setiap terbitan buku dari setiap penerbit, sehingga keunikan tersebut memungkinkan pemasaran produk yang lebih efisien bagi toko buku, perpustakaan, universitas maupun distributor.
ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London. Perpustakaan Nasional RI merupakan Badan Nasional ISBN yang berhak memberikan ISBN kepada penerbit yang berada di wilayah Indonesia dan KDT (Katalog Dalam Terbitan).
 Alhamdulilah setelah 2 minggu, ISBN buku saya keluar yang dapat di Cek di SINI
Sedikit cerita tentang penerbitan buku saya, kalau yang suka bisa Like atau ucapkan Amiin (trend di facebook yang ga ngerti saya maksudnya hehe) atau yang tidak suka silahkan lempar bata merah gan (kaskus holic) dan hampir lupa saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah mensupport (Emangnya ada ya heheh) dan Design Cover oleh Johari hehehe

cover depan belakang buku
Gambar Cover depan dan belakang buku 

cover buku Algoritma dan pemograman
cover depan

Labels: 

Author: Subscribe robby yuli endra channel

Date: Monday, May 16, 2016

0 comments  | Leave a comment

0 comments to "Buku Pertama terbit"

Post a Comment

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com