Pengertian Supply Chain adalah

Subscribe robby yuli endra channel | 10 comments
Pengertian Supply Chain adalah - Supply Chain merupakan hal yang tidak asing lagi untuk pelaku bisnis. dan kali ini saya sedang belajar mata kuliah E-Commerce dan sedang UTS dan pada soal ada pengertian tentang Supply Chain, Tanpa Ragu-ragu saya cari digoogle tentang pengertian Supply Chain. 
Supply Chain adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi , pengiriman, penyimpanan , distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut.Supply chain didalamnya termasuk seluruh proses dan kegiatan yang terlibat didalam penyampaian produk tersebut sampai ketangan pemakai (konsumen). Semua itu termasuk proses produksi pada manufaktur,sistem transportasi yang menggerakkan produk dari manufaktur sampai ke outlet retailer,gudang tempat penyimpanan produk tersebut , pusat distribusi tempat dimana pengiriman dalam party besar dibagi kedalam party kecil untuk dikirim kembali ke toko-toko dan akhirnya sampai ke retailer yang menjual produk-produk tersebut.

Pengertian Supply Chain adalah

Tujuan dari supply chain adalah untuk memastikan sebuah produk berada pada tempat dan waktu yang tepat untuk memenuhi permintaan konsumen tanpa menciptakan stok yang berlebihan atau kekurangan.
Sebuah operasi yang effisien dari supply chain tergantung pada lengkap dan akuratnya aliran data yang berhubungan dengan produk yang diminta dari retailer kepada buyer , sistem transportasi dan kembali ke manufaktur.

Dalam rangka memenuhi stok barang yang tersedia untuk retailer , manufaktur harus menentukan jumlah produk yang diproduksi pada waktu tertentu. Dengan demikian berarti manufaktur harus meramalkan/ membuat perkiraan jumlah penjualan. Dalam hal ini yang terbaik dilakukan adalah bersama-sama dengan retailer menggunakan suatu tolak ukur seperti misalnya CPFR( Collaborative Planning Forecasting and Replenishment ). Ramalan ini digunakan untuk memperkirakan jumlah dan jenis bahan mentah yang harus dibeli, pengapalan dan waktu pengiriman untuk bahan mentah tersebut dan waktu yang dibutuhkan untuk proses di manufaktur. Kemudian barang yang sudah jadi disimpan didalam gudang sampai diorder oleh distributor.

Distributor membeli produk dari manufaktur dalam jumlah yang besar dan mungkin barang tersebut dimuat dalam truck , pallet atau kemasan lain dari produk tersebut.
Pada saat distributor menerima pengiriman , kemudian dipecah menjadi pengiriman yang lebih kecil untuk dikirim ke retailer.
Sebagai contoh ;
Seorang distributor membeli lima pallet masing-masing berisi 200 karton juice merk"ABC".
Setiap karton berisi 24 kaleng juice, kemudian distributor membongkar pallet menjadi bagian karton-karton yang terpisah dan mengirim 334 karton ke retailr A dan 558 karton ke retailer B dan 108 sisanya disimpan sebagai stok persediaan.

Retailer membongkar karton tersebut mejadi 24 bagian masing-masing item yang akan didisplay untuk dijual. Persediaan yang tidak muat di rak penjualan kemudian disimpan diruang penyimpanan stok untuk dijual pada waktu yang akan datang.
2. Komponen Manajemen
Lima prinsip dasar yang menjadi bagian penting pada manajemen supply chain adalah:

        Planning / perencanaan
        Sourcing / sumber barang
        Manufacturing
        Pengiriman
        Pengembalian

Demikian Sedikit tentang Supply Chain, Beberapa bagian materi saya ambil disini http://www.gs1.or.id/article/article.php?id=10 karena saya ga terlalu memahami tetapi ingin berbagi...Semoga bermanfaat

Labels: 

Author: Subscribe robby yuli endra channel

Date: Wednesday, June 06, 2012

10 comments  | Leave a comment

10 comments to "Pengertian Supply Chain adalah"

Anonymous 12 September 2012 at 15:11
Sangat bermanfaat artikelnya, memberikan gambaran yang jelas untuk pekerjaan yang berhubungan dengan distribusi barang.

jasa pindahan
Purnomo Jati Nugroho 10 November 2013 at 15:05
thnx gan atas infonya
wisata karimunjawa 25 May 2015 at 12:48
makasih buat infonya bermanfaat sekali buat saya,,,
wisata karimunjawa 25 May 2015 at 12:48
makasih infonya,,
mebel jepara 25 May 2015 at 12:49
thanks,, for information,,,
mebel jepara 25 May 2015 at 12:50
bermanfaat sekali postingnya,,,
mebel minimalis 25 May 2015 at 12:51
makasih bos infonya,, bagus,, banget,,
Posterina 26 July 2015 at 08:22
saya jadi ingat jaman2 kuliah dulu belajar supply chain management, ini penting banget nih dalam bisnis, harus bisa optimal supaya bisa hemat cost :)
Carenx Cool 17 July 2016 at 20:47
thanks gan atas infonya. toss ! (y)
Saudagar Mebel 31 October 2016 at 14:09
thaks infonya, sangat bermanfaat, dan artikelnya menarik..

Post a Comment

Silahkan isikan komentar sesuai dengan isi artikel, Jangan memasukan link karena akan dihapus oleh spamfilter karena dianggap Spam. Penulis menerima Saran dan Kritik yang membangun bukan sara ras dan yang lainnya
Kalau ada kritik dan saran bisa kirim ke Email : capt.obbies@gmail.com Terima Kasih sudah berkunjung di blog ini..Salam Istimewa dari www.robbyyuliendra.com